Sejarah KH. M. Tholhah Izzul Ma'ali Loram Kulon Jati Kudus (KH. Tholhah Ngloram)


Sejarah KH. Izzul Ma’ali Loram Kulon Jati Kudus (KH. Tholchah Ngloram)

Oleh: Dr. Muhammad Akmaluddin, S.Th.I., M.S.I.

Beliau lahir dan besar di Loram Kulon, sebuah desa yang memiliki masjid tertua di Kabupaten Kudus. Lahir sekitar tahun 1940an dan merupakan anak keempat dari delapan bersaudara (Hj. Muhayanah, KH. Dimyathi Najib, H. Kurdi Muslim, KH. Izzul Ma’ali, Hj. Munawaroh, Hj. Zulfah, Hj. Robi’atun dan Hj. Alfiyah). Nama kecilnya adalah Muhammad Tholchah. Ayahnya bernama KH. Muhammad Ichsan dan ibunya Nyai Hj. Muslimah. Ayahnya adalah tokoh masyarakat dan petinggi/kepala desa Loram Kulon pertama setelah kemerdekaan Republik Indonesia hingga sebelum tahun 1987, satu-satunya lurah yang mendapat penghargaan untuk jabatan terlama di Kudus. Tingkat dasar pendidikannya diselesaikan di Sekolah Rakyat (SR) dan kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Balaitengahan Kudus. Beliau satu angkatan dan semasa dengan KH. Jauhari Potroyudan Jepara, KH. Ma’ruf Irsyad, KH. Hasan Askari (Mbah Mangli) dan lainnya menurut beberapa muridnya. Setelah dari MTs, beliau melanjutkan pendidikannya ke berbagai pondok pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti pondok pesantren yang diasuh oleh KH. Said Kirig Mejobo Kudus, Pondok Pesantren Darul Ulum yang diasuh KH. Muhammadun Pondowan Tayu Pati, pondok pesantren asuhan KH. Bisyri Musthofa Rembang dan pondok pesantren asuhan KH. Abul Fadhol Senori Tuban.

Beliau rampung mondok kurang lebih pada tahun 1962. Catatan ngaji beliau dengan KH. Abul Fadhol dengan karyanya, al-Mandhur al-Wafi fi ‘Ilmay al-‘Arudl wa al-Qawafi, tertulis tanggal 19 Rabiulakhir 1382 H/19 September 1962 M. Setelah selesai mondok, beliau belum mau mengajarkan ilmunya kepada masyarakat. Alasannya, beberapa guru beliau seperti KH. Muhammadun masih hidup. Namun kemudian beliau diminta sendiri oleh KH. Muhammadun untuk mengajarkan dan menularkan ilmunya kepada masyarakat. Akhirnya beliau mengikuti saran dari KH. Muhammadun dan memulai mengajar di masyarakat. Misalnya dengan mengajar di Madrasah TBS Balaitengahan Kudus, bersama dengan kakaknya, KH. Najib, pada tahun 1962.

Di Madrasah TBS, beliau mengajar beberapa kitab seperti Tafsir al-Jalalain, Ta’lim al-Muta’allim, Sullamul Munauraq, Khulashah Nurul Yaqin, Fathu Mu’in, Jauharul Maknun, ilmu alat dan kitab lainnya, utamanya kemahiran beliau dalam ilmu ‘arudl dan qawafi. Beliau sering mengajar kitab di luar kepala dan sering tidak membawa kitab. Beliau hafal banyak nadham seperti ‘Uqud al-Juman dan Alfiyyah Ibn Malik dengan cara sungsang (hafalan dari akhir ke awal bait). Jika mengajar, keterangannya mudah difahami dan selalu tersenyum kepada muridnya. Di antara para guru yang ada pada saat itu, hanya KH. Izzul Ma’ali saja yang membawa sepeda motor ke madrasah, dengan memboncengkan kakaknya ketika mengajar. Di Madrasah TBS, beliau mengajar di MTs dan MA hingga akhir hayatnya.

Beliau juga aktif berorganisasi seperti mendirikan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Anak Cabang Jati pada 1966 dan membuat latihan pidato Angakatan Muballigh Nahdlatul Ulama Indonesia (AMNI) setiap minggunya di Musholla Ihya’ussunnah Assaniyyah Loram Kulon. AMNI ini didirikan ketika terjadi peristiwa G 30 S PKI. Pada saat itu sedang terjadi situasi genting dan mereka berdoa agar selalu diberikan keamanan oleh Allah SWT. Beliau menunaikan haji antara tahun 1969 bersama KH. Djalal Shiddiq dan neneknya, Hj Ruqayyah (Mbah Ruking, ibu dari KH. M. Ichsan). Beliau bertiga menggunakan pesawat terbang, moda transportasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk pertama kalinya guna menunaikan ibadah haji. Ibunya, Nyai Hj. Muslimah dan kakak iparnya, H. Achsin, pada waktu itu haji naik kapal laut beberapa bulan sebelumnya. Tidak disangka, beliau bertemu dengan ibu dan iparnya di Makkah. Setelah haji, nama beliau diganti menjadi H. Izzul Ma’ali, dan mendapat gelar Alsunuddin (lisan-lisan agama) oleh syaikh (pembimbing haji di Makkah) karena kedalaman dan penguasaan ilmu beliau. Namun begitu, beliau lebih dikenal masyarakat dengan nama Kiai Tholchah Ngloram.

Bersama kakaknya, KH. Najib, beliau juga mendirikan Pondok Pesantren Ihya’ussunnah Assaniyyah. Pondok ini sebenarnya dirintis lama oleh paman beliau, KH. Masyhuri. Namun adik dari KH. M. Ichsan tersebut wafat ketika menunaikan ibadah haji pada 1950 sehingga belum berkesempatan untuk melanjutkan pondok rintisannya. Pondok pesantren ini mengajarkan banyak kitab, mulai dari tingkat dasar hingga lanjut seperti kitab al-Adzkar karya Imam al-Nawawi, Kifayatul Akhyar, al-Majalis al-Saniyyah, Tafsir Marah Labid, Kifayatul Atqiya’ dan lainnya. KH. Izzul Ma’ali termasuk salah satu kiai yang bisa mengkhatamkan pengajaran kitab Ihya’ Ulumuddin dan Tanwirul Qulub di kecamatan Jati. Pembacaan kitab Tanwirul Qulub atas permintaan dari ayah beliau, KH. M. Ichsan. Kitab lain yang khatam diajarkan beliau antara lain Minhajul Qawim dan al-Nawadir. Pada waktu bulan Ramadhan, beliau mengampu kitab-kitab kecil seperti Kawakibul Lama’ah, Hujjah Ahlussunnah wal Jama’ah, Matan Nadham Burdah, Matan al-Zubad, Kasyfut Tabarih dan lainnya.

Di samping mengajar di madrasah dan pondok, KH. Izzul Ma’ali dan KH. Dimyathi Najib bersama beberapa tokoh masyarakat Loram Kulon seperti KH. M. Ichsan, KH. Djalal Shiddiq dan KH. Irsyad, juga merintis Madrasah Diniyyah Miftahul Ulum, setingkat MTs Diniyyah pada 1963 untuk pertama kalinya di Kudus, selain Madrasah TBS dan Qudsiyyah. Madrasah ini mulai ngaji pada malam Jum’at. Tempat belajar pada awalnya di paseban (balai desa milik petinggi atau lurah zaman dahulu) dan di Musholla Ihya’ussunnah Assaniyyah. Madrasah tersebut kemudian mempunyai berbagai tingkatan pendidikan, dari Raudhatul Athfal (RA) hingga MA saat sekarang ini. Murid-murid generasi awal dari Madrasah Diniyyah Miftahul Ulum diantaranya seperti Drs. H. Ahmadi (ketua pertama GP. Anshor Kecamatan Jati). Drs. H. Musthofa (guru Madrasah Mu’allimat Kudus), Drs. H. Mudhoffar (Ketua NU Ranting Loram Kulon dan Yayasan Miftahul Ulum), dr. H. Mudzakkir Djalal, Sp.PD dan lainnya. Pengajian kitab untuk umum di Musholla Ihya’ussunnah Assaniyyah dimulai pada 1967 dengan santri yang datang dari Loram dan luar daerah.

Setelah beberapa lama mengajar di Madrasah TBS, Pondok Pesantren Ihya’ussunnah Assaniyyah dan Madrasah Diniyyah Miftahul Ulum, beliau yang berumur sekitar 30 tahun kemudian mempersunting cucu pertama KH. Muhammadun, yaitu Nyai A’izzah puteri KH. Hasan Wira’i Nyai Hj. Afifah Muhammadun. Pernikahan tersebut berlangsung pada Jum’at Pon, 10 Sya’ban 1396 H/6 Agustus 1976 M jam 10.00 di desa Cebolek, Margoyoso Pati dengan Kutipan Akta Nikah nomor 354/1976 F No. 570203. Untuk yang menikahkan diwakilkan kepada KH. Arwani Amin al-Muqri’, untuk khutbah nikah diserahkan kepada KH. Turaichan Adjhuri dan bagian doa adalah KH. Muhammadun Pondowan. Dari pernikahan tersebut, beliau dikaruniai enam anak gilir kacang (selang seling perempuan dan laki-laki) yaitu Ummi Hanik, AH, M. In’amullah (guru MTs TBS Kudus, wafat tahun 1437 H/2016 M), Uswatun Chasanah, AH, Muhammad Akmaluddin (ketua IKSAB Madrasah TBS Cabang Semarang tahun 2011-2012, dosen Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang), Aufal Chima dan M. Achlan Nichal (pengajar di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Pakis Tayu Pati, wafat tahun 1440 H/2019 M). Menurut istri beliau, Nyai Hj. A’izzah (wafat tahun 1439 H/2018 M), KH. Izzul Ma’ali pada tahun 1980an pernah izin untuk berhenti mengajar dari Madrasah TBS karena sakit selama beberapa tahun. Namun beliau masih saja mendapatkan bisyaroh dari pihak madrasah. Karena pakewuh dengan pihak madrasah dan kondisi beliau yang sudah agak membaik, maka beliau akhirnya melanjutkan aktivitas mengajarnya lagi di Madrasah TBS.

Selain mengajar, beliau juga aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan seperti menjadi Ketua IPNU Anak Cabang Jati pada 1967/1968, menjadi Syuriyah NU Ranting Loram bersama kakaknya pada 1970an dan sering diundang pada “Majlis Munadharah Masa’il Diniyyah Nahdlatul Ulama” pada tahun-tahun tersebut. Dengan sikap tawadhu’nya, beliau merasa tidak pantas untuk datang atau sering diam ketika acara Munadharah. Pasalnya, banyak kiai sepuh dan senior yang lebih mendalam ilmunya dari beliau. KH. Turaichan Adjhuri, Ra’is Syuriyah PCNU Kudus pada waktu itu, sempat menyayangkan ilmu beliau yang begitu banyak tidak dikeluarkan pada waktu Munadharah.

Pasalnya, diantara ribuan hadirin yang ikut sowan dan berdiskusi di ndalem KH. Turaichan Adjhuri waktu Hari Raya Idul Fithri, KH. Izzul Ma’ali sering menanyakan masalah agama yang tidak lazim dan anti arus utama (anti-mainstream). Pertanyaan model seperti itulah yang menyebabkan beliau dikenal baik oleh KH. Turaichan Adjhuri dan dhawuh kurang lebih: “pitakon ngene iki biasane sing takon Tholchah Ngloram (pertanyaan (aneh) seperti ini biasanya yang bertanya Tholchah Loram Kulon).” Beliau adalah pengagum Turaichan Adjhuri dan sering bertanya ke dalem beliau soal kemusykilan masalah fikih bersama keponakannya, Kiai Musta’in Sahal. Menurut beliau, KH. Turaichan Adjhuri adalah ulama tahqiq, yang teliti dalam memahami masalah keagamaan.

Di Loram Kulon sendiri, beliau mendirikan majlis “Lailatul Ijtima’ Maidanul Machasin” sekitar tahun 1980an. Majlis ini merupakan salah satu majlis tertua yang ada di Loram dan masih ada sampai sekarang. Beliau bersama beberapa tokoh masyarakat juga mendirikan MTs dan MA Miftahul Ulum, lanjutan dari Madrasah Diniyyah Miftahul Ulum, satu-satunya MTs dan MA di kecamatan Jati waktu itu. Beliau mengajar beberapa kitab di madrasah tersebut, khususnya Matan Alfiyyah Ibnu Malik. Di samping itu, beliau juga aktif ngaji di Masjid Al-Falah Loram Wetan dengan kitab Tanbihul Ghafilin dan beberapa desa sekitar. Beliau aktif di beberapa madrasah, pondok pesantren dan organisasi hingga akhir hayatnya. Setelah sekian lama berjuang melawan penyakit liver dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudus, beliau wafat pada Ahad Pon, 25 Shafar 1416 H/23 Juli 1995 M pukul 02.30 malam di dalem beliau, kompleks Pondok Pesantren dan Musholla Ihya’ussunnah Assaniyyah. Seminggu sebelum wafat, beliau sempat berpesan kepada Kiai Musta’in Sahal: “langgare diuri-uri, ngajine diteruske yo (mushollanya dihidupkan kegiatannya, ngaji kitabnya diteruskan ya).” Pengajian kitab di pondok sepeninggal beliau kemudian diteruskan oleh Kiai Musta’in Sahal, ustadz H. M. Liwa’uddin, M. Ishahul Umam dan M. Abul Fadhli yang merupakan anak KH. Najib, serta M. In’amullah, M. Akmaluddin dan M. Ahclan Nichal, anak dari KH. Izzul Ma’ali.

Masyarakat Loram dan sekitarnya menganggap wafatnya KH. M. Tholchah Izzul Ma’ali pada 1995 dengan usianya yang sekitar 55 tahun diserupakan dengan wafatnya Imam Muhammad bin Idris al-Syafi’i pada usia yang sama. Sekitar tiga tahun kemudian, kakak beliau, yaitu KH. Najib wafat pada usia sekitar 63 tahun, diserupakan masyarakat dengan wafatnya Nabi Muhammad SAW. Wafatnya kedua kakak beradik tersebut diidentikkan dengan “wafatnya dua Muhammad” yang merupakan dua purnama yang menerangi desa Loram dan sekitarnya dengan konsep pendidikan, keagamaan, pengajaran dan tingkah laku uswatun hasanah-nya. KH. Izzul Ma’ali dianggap sebagai “gong agama” kecamatan Jati, khususnya daerah Loram dan sekitarnya. Diantara yang memangku ketika jenazah beliau dimandikan adalah KH. Mustajib Mukhtar.

Beliau dimakamkan di Pemakaman Istiqomah Loram Kulon Jati Kudus, di samping makam ibunya, Hj. Muslimah. Adapun yang melakukan talqin pada waktu itu adalah KH. Badruddin Muhammadun dan diberikanlah talqin bahasa Jawa kepada beliau. Namun putra pertama KH. Muhammadun itu kemudian berkata: “iki sing ng kuburan wong Arab, talqin e kudu nganggo bahasa Arab (yang ada di dalam kuburan ini adalah orang Arab, talqinnya harus memakai bahasa Arab).” Akhirnya diambilkanlah kitab I’anah al-Thalibin yang di dalamnya ada talqin dalam bahasa Arab dan kemudian talqin dimulai. Setiap peringatan hari lahir PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Jati dan PR IPNU-IPPNU Loram Kulon, para pengurus selalu mengadakan haul di makam beliau dan silaturrahim dengan keluarga di dalem beliau.

Beliau mempunyai beberapa risalah dan catatan-catatan atas kitab yang dipelajari atau diajarkannya. Misalnya di lemari di dalem beliau ada kitab nadham Alfiyyah Ibn Malik yang banyak hamisy (catatan pinggir) penuh dari halaman awal hingga akhir. KH. Noor Aufa Shiddiq, kaligrafer senior Kudus, suatu ketika pernah beberapa kali diminta untuk menuliskan kitab karangan beliau. Permintaan ini disampaikan setelah beliau selesai mengajar di kelas KH. Noor Aufa Shiddiq. Ada juga ta’liq syarh (catatan bawah sebagai komentar) kitab al-Mandhur al-Wafi fi ‘Ilmay al-‘Arudl wa al-Qawafi karya KH. Abul Fadhol Senori Tuban. Tapi karena beberapa kendala seperti kesehatan dan belum mempunyai nama di percetakan kitab, maka penerbitan karya beliau belum bisa tercapai. Namun beberapa manuskrip tersebut masih ada sampai sekarang. Tulisan tangan beliau dalam catatan dan komentar yang berbagai kitab beliau adalah tulisan yang bagus dan mudah dibaca sebagaimana dijelaskan KH. Noor Aufa Shiddiq.

Beliau adalah orang yang alim, menguasai ilmu syari’ah dan ilmu alat. Namun di balik kealimannya, beliau adalah orang yang halus bicaranya, mulia budi pekertinya, tawadhu’ dan sering berpesan agar berhati-hati dalam semua hal. Selain alim dan mulia budi pekertinya, beliau juga aktif berorganisasi dan membimbing masyarakat dalam masalah keagamaan, pendidikan dan sosial. Beliau juga berpesan jangan sampai tidak mendalami ilmu agama. Sampai wafatnya, beliau belum kerso mengisi pengajian kecuali dengan membaca kitab.

Narasumber dan dokumen pendukung:
1. K. Musta’in Sahal, S.Pd.I, keponakan KH. Izzul Ma’ali, guru MA TBS Kudus
2. Drs. H. Mudhoffar Loram Kulon, keponakan KH. Izzul Ma’ali, ketua Yayasan Miftahul Ulum
3. Drs. H. Ahmadi Loram Wetan, ketua GP Anshor pertama kecamatan Jati Kudus dan murid generasi pertama Madrasah Diniyyah Miftahul Ulum
4. KH. Hamdani Jepang Pakis, murid KH. Izzul Ma’ali
5. Ummi Hanik, AH, putri KH. Izzul Ma’ali
6. Uswatun Chasanah, AH, putri KH. Izzul Ma’ali
7. Muhammad Akmaluddin, putra KH. Izzul Ma’ali, peneliti tamu di Instituto de Lenguas y Culturas del Mediterráneo y Oriente Próximo, Departamento de Estudios Judíos e Islámicos, Centro de Ciencias Humanas y Sociales (CCHS) – Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Madrid, Spanyol
8. Teks, dokumen, buku, kitab dan manuskrip di dalem KH. Izzul Ma’ali, Kompleks Pondok Pesantren Ihya’ussunnah Assaniyyah Loram Kulon 01/05 No. 937 Jati Kudus 59344 Jawa Tengah
9. “KH. Muhammad Tholhah, Pelopor Berdirinya PAC IPNU Jati,” Buletin Expresi yang diterbitkan oleh Lembaga Pers PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Jati Kudus Edisi XVI 2007
10. Makam KH. M. Tholhah Izzul Ma'ali, Makam Istiqomah, Nongkopaya, Loram Kulon, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59344 https://maps.app.goo.gl/xrH7t

Post a Comment

0 Comments