Dalam kitabnya, ‘Umdah
al-Qārī Syarḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Syaikh Badr al-Dīn Maḥmūd bin Aḥmad al-‘Ainī
al-Ḥanafī (w. 855 H) dalam Kitāb al-Ḥajj Bāb Mā Żukira fī al-Ḥajar al-Aswad,
Volume IX halaman 241 meriwayatkan
dari gurunya, Syaikh Zain al-Dīn ‘Abd al-Raḥīm bin al-Ḥusain (w. 806 H)
mengatakan bahwa mencium tempat-tempat yang dimuliakan dengan tujuan tabarruk,
begitu juga mencium tangan orang-orang shalih merupakan perbuatan baik dan
terpuji sesuai tujuan dan niatnya.
Antum kalau mau kembalikan
semua persoalan keagamaan ke hadis pasti taulah tingkatan dan kapabilitas
Syaikh Zain al-Dīn al-‘Irāqī dalam bidang hadis seperti apa. Dan fatwa yang
seperti itu antum juga harus ikuti, bahwa tabarruk dengan mencium
tempat-tempat mulia dan mencium tangan orang-orang shalih itu ḥasan maḥmūd, baik
lagi terpuji. Masih ragu dengan beliau? Syaikh Zain al-Dīn al-‘Irāqī adalah
pengarang Alfiyyah al-‘Irāqī (seribu bait keilmuan hadis), Alfiyyah
al-Sīrah (seribu bait tentang sirah nabawiyah), al-Taqyīd wa al-Īḍāḥ (komentar
atas Muqaddimah Ibn al-Ṣalāḥ, keilmuan dasar terlengkap ilmu hadis), al-Mustadrak
‘ala al-Mustadrak li al-Ḥākim, Żail Mīzān al-I‘tidāl, takhrij hadis Iḥyā’
‘Ulūm al-Dīn li al-Ghazālī dan juga Taqrīb al-Asānīd wa Tartīb
al-Masānīd dalam fiqh Syāfi‘iyyah.
Ini dia cerita, yang
pastinya dengan kritik internal dan eksternal dalam cerita tersebut. Misalnya Abū
Hurairah raḍīya Allāh ‘anhu yang bertanya pada sayyidinā al-Ḥasan raḍīya Allāh
‘anhu tentang tempat-tempat yang pernah diciumnya. Sayyidinā al-Ḥasan lalu
menunjukkan tanah rumah Rasulullah ṣallā Allāh ‘alaihi wa sallam. Abū Hurairah
kemudian menciumi tanah tersebut dengan tujuan tabarruk atas napak tilas
beliau dan juga keluarganya. Ada lagi cerita tentang Ṡābit al-Bunānī yang
selalu mencium tangan Anas bin Mālik raḍīya Allāh ‘anhu ketika bertemu dengan
alasan bahwa tangan Anas pernah menyentuh Rasulullah ṣallā Allāh ‘alaihi wa
sallam.
Ada lagi tentang Imām Aḥmad
bin Ḥanbal al-Syaibānī (w. 241 H) yang mengatakan bahwa mencium makam dan juga
mimbar Rasulullah ṣallā Allāh ‘alaihi wa sallam diperbolehkan. Ketika hal ini
diceritakan Abū Sa‘īd al-‘Alā’ī pada Syaikh Taqī al-Dīn Ibn Taimiyyah (w. 728
H), maka beliau ragu dengan pernyataan Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Hingga akhirnya
Syaikh Taqī al-Dīn Ibn Taimiyyah menarik fatwanya tentang keharuman wasilah
sebagaimana diceritakan murid beliau, Ismā‘īl bin ‘Umar Ibn Kaṡīr al-Dimasyqī
(w. 774 H) dalam kitabnya, al-Bidāyah wa al-Nihāyah (XIV: 45).
Kalau tabarruk dengan
mencium tangan orang shalih, meminum sisa minuman, memakan sisa makanan,
meruku' sisa ruku', hingga menelan ludah mereka itu sudah biasa. Tabarruk paling
ekstrim justru dilakukan oleh Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Ini dikatakan Abū Sa‘īd
al-‘Alā’ī kepada Syaikh Taqī al-Dīn menjawab keraguan atas tabarruk Imām
Aḥmad bin Ḥanbal. Tabarruk tersebut adalah ketika Imām Aḥmad bin Ḥanbal
mencuci pakaian Imam Muḥammad bin Idrīs al-Syāfi‘ī (w. 204), yang juga termasuk
guru paling berpengaruh Imām Aḥmad. Ketika mencuci, Imām Aḥmad tidak hanya
mencucikan pakaian beliau sebagai rasa cinta kepada gurunya. Lebih dari itu,
Imām Aḥmad juga meminum air yang digunakan untuk mencuci pakaian Imam
al-Syāfi‘ī. Antum pernah mencucikan pakaian guru antum? Atau pernah meminum
airnya? Kalau antum saja tidak pernah meminum sisa minuman guru antum, mungkin
antum ragu kalau guru antum itu orang shalih.
Ini teksnya dari kitab
al-‘Ainī, ada sedikit harakatnya biar antum mau latihan baca dan tidak salah
baca. Kan kasihan kalau slogannya kembali ke al-Qur’an dan Hadis tapi membaca
syarah hadis masih salah-salah, bahkan tidak bisa.
وَقَالَ
شَيخنَا زين الدّين العراقي وَأما تَقْبِيل الْأَمَاكِن الشَّرِيفَة على قصد
التَّبَرُّك، وَكَذَلِكَ تَقْبِيل أَيدي الصَّالِحين وأرجلهم فَهُوَ حسن مَحْمُود
بِاعْتِبَار الْقَصْد وَالنِّيَّة،
وَقد
سَأَلَ أَبُو هُرَيْرَة الْحسن، رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ، أَن يكْشف لَهُ
الْمَكَان الَّذِي قبله، رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم، وَهُوَ سرته،
فَقبله تبركا بآثاره وَذريته، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم،
وَقد
كَانَ ثَابت الْبنانِيّ لَا يدع يَد أنس، رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ، حَتَّى
يقبلهَا، وَيَقُول: يَد مست يَد رَسُول الله، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم،
وَقَالَ
أَيْضا: وَأَخْبرنِي الْحَافِظ أَبُو سعيد ابْن العلائي قَالَ: رَأَيْت فِي كَلَام
أَحْمد بن حَنْبَل فِي جُزْء قديم عَلَيْهِ خطّ ابْن نَاصِر وَغَيره من الْحفاظ،
أَن الإِمَام أَحْمد سُئِلَ عَن تَقْبِيل قبر النَّبِي، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم،
وتقبيل منبره، فَقَالَ: لَا بَأْس بذلك، قَالَ: فأريناه للشَّيْخ
تَقِيّ الدّين بن تَيْمِية فَصَارَ يتعجب من ذَلِك، وَيَقُول: عجبت أَحْمد عِنْدِي
جليل يَقُوله؟ هَذَا كَلَامه أَو معنى كَلَامه؟
وَقَالَ:
وَأي عجب فِي ذَلِك وَقد روينَا عَن الإِمَام أَحْمد أَنه غسل قَمِيصًا
للشَّافِعِيّ وَشرب المَاء الَّذِي غسله بِهِ
عمدة
القاري شرح صحيح البخاري للعيني 9: 241
Social Plugin