Tabarrukan Paling Ekstrim oleh Imam Ahmad bin Hanbal


Dalam kitabnya, ‘Umdah al-Qārī Syarḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Syaikh Badr al-Dīn Maḥmūd bin Aḥmad al-‘Ainī al-Ḥanafī (w. 855 H) dalam Kitāb al-Ḥajj Bāb Mā Żukira fī al-Ḥajar al-Aswad, Volume IX halaman  241 meriwayatkan dari gurunya, Syaikh Zain al-Dīn ‘Abd al-Raḥīm bin al-Ḥusain (w. 806 H) mengatakan bahwa mencium tempat-tempat yang dimuliakan dengan tujuan tabarruk, begitu juga mencium tangan orang-orang shalih merupakan perbuatan baik dan terpuji sesuai tujuan dan niatnya.
Antum kalau mau kembalikan semua persoalan keagamaan ke hadis pasti taulah tingkatan dan kapabilitas Syaikh Zain al-Dīn al-‘Irāqī dalam bidang hadis seperti apa. Dan fatwa yang seperti itu antum juga harus ikuti, bahwa tabarruk dengan mencium tempat-tempat mulia dan mencium tangan orang-orang shalih itu ḥasan maḥmūd, baik lagi terpuji. Masih ragu dengan beliau? Syaikh Zain al-Dīn al-‘Irāqī adalah pengarang Alfiyyah al-‘Irāqī (seribu bait keilmuan hadis), Alfiyyah al-Sīrah (seribu bait tentang sirah nabawiyah), al-Taqyīd wa al-Īḍāḥ (komentar atas Muqaddimah Ibn al-Ṣalāḥ, keilmuan dasar terlengkap ilmu hadis), al-Mustadrak ‘ala al-Mustadrak li al-Ḥākim, Żail Mīzān al-I‘tidāl, takhrij hadis Iḥyā’ ‘Ulūm al-Dīn li al-Ghazālī dan juga Taqrīb al-Asānīd wa Tartīb al-Masānīd dalam fiqh Syāfi‘iyyah.

Ini dia cerita, yang pastinya dengan kritik internal dan eksternal dalam cerita tersebut. Misalnya Abū Hurairah raḍīya Allāh ‘anhu yang bertanya pada sayyidinā al-Ḥasan raḍīya Allāh ‘anhu tentang tempat-tempat yang pernah diciumnya. Sayyidinā al-Ḥasan lalu menunjukkan tanah rumah Rasulullah ṣallā Allāh ‘alaihi wa sallam. Abū Hurairah kemudian menciumi tanah tersebut dengan tujuan tabarruk atas napak tilas beliau dan juga keluarganya. Ada lagi cerita tentang Ṡābit al-Bunānī yang selalu mencium tangan Anas bin Mālik raḍīya Allāh ‘anhu ketika bertemu dengan alasan bahwa tangan Anas pernah menyentuh Rasulullah ṣallā Allāh ‘alaihi wa sallam.
Ada lagi tentang Imām Aḥmad bin Ḥanbal al-Syaibānī (w. 241 H) yang mengatakan bahwa mencium makam dan juga mimbar Rasulullah ṣallā Allāh ‘alaihi wa sallam diperbolehkan. Ketika hal ini diceritakan Abū Sa‘īd al-‘Alā’ī pada Syaikh Taqī al-Dīn Ibn Taimiyyah (w. 728 H), maka beliau ragu dengan pernyataan Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Hingga akhirnya Syaikh Taqī al-Dīn Ibn Taimiyyah menarik fatwanya tentang keharuman wasilah sebagaimana diceritakan murid beliau, Ismā‘īl bin ‘Umar Ibn Kaṡīr al-Dimasyqī (w. 774 H) dalam kitabnya, al-Bidāyah wa al-Nihāyah (XIV: 45).
Kalau tabarruk dengan mencium tangan orang shalih, meminum sisa minuman, memakan sisa makanan, meruku' sisa ruku', hingga menelan ludah mereka itu sudah biasa. Tabarruk paling ekstrim justru dilakukan oleh Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Ini dikatakan Abū Sa‘īd al-‘Alā’ī kepada Syaikh Taqī al-Dīn menjawab keraguan atas tabarruk Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Tabarruk tersebut adalah ketika Imām Aḥmad bin Ḥanbal mencuci pakaian Imam Muḥammad bin Idrīs al-Syāfi‘ī (w. 204), yang juga termasuk guru paling berpengaruh Imām Aḥmad. Ketika mencuci, Imām Aḥmad tidak hanya mencucikan pakaian beliau sebagai rasa cinta kepada gurunya. Lebih dari itu, Imām Aḥmad juga meminum air yang digunakan untuk mencuci pakaian Imam al-Syāfi‘ī. Antum pernah mencucikan pakaian guru antum? Atau pernah meminum airnya? Kalau antum saja tidak pernah meminum sisa minuman guru antum, mungkin antum ragu kalau guru antum itu orang shalih.
Ini teksnya dari kitab al-‘Ainī, ada sedikit harakatnya biar antum mau latihan baca dan tidak salah baca. Kan kasihan kalau slogannya kembali ke al-Qur’an dan Hadis tapi membaca syarah hadis masih salah-salah, bahkan tidak bisa.

وَقَالَ شَيخنَا زين الدّين العراقي وَأما تَقْبِيل الْأَمَاكِن الشَّرِيفَة على قصد التَّبَرُّك، وَكَذَلِكَ تَقْبِيل أَيدي الصَّالِحين وأرجلهم فَهُوَ حسن مَحْمُود بِاعْتِبَار الْقَصْد وَالنِّيَّة،
وَقد سَأَلَ أَبُو هُرَيْرَة الْحسن، رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ، أَن يكْشف لَهُ الْمَكَان الَّذِي قبله، رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم، وَهُوَ سرته، فَقبله تبركا بآثاره وَذريته، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم،
وَقد كَانَ ثَابت الْبنانِيّ لَا يدع يَد أنس، رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ، حَتَّى يقبلهَا، وَيَقُول: يَد مست يَد رَسُول الله، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم،
وَقَالَ أَيْضا: وَأَخْبرنِي الْحَافِظ أَبُو سعيد ابْن العلائي قَالَ: رَأَيْت فِي كَلَام أَحْمد بن حَنْبَل فِي جُزْء قديم عَلَيْهِ خطّ ابْن نَاصِر وَغَيره من الْحفاظ، أَن الإِمَام أَحْمد سُئِلَ عَن تَقْبِيل قبر النَّبِي، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم، وتقبيل منبره، فَقَالَ: لَا بَأْس بذلك، قَالَ: فأريناه للشَّيْخ تَقِيّ الدّين بن تَيْمِية فَصَارَ يتعجب من ذَلِك، وَيَقُول: عجبت أَحْمد عِنْدِي جليل يَقُوله؟ هَذَا كَلَامه أَو معنى كَلَامه؟
وَقَالَ: وَأي عجب فِي ذَلِك وَقد روينَا عَن الإِمَام أَحْمد أَنه غسل قَمِيصًا للشَّافِعِيّ وَشرب المَاء الَّذِي غسله بِهِ

عمدة القاري شرح صحيح البخاري للعيني 9: 241