Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Kesalahan BBR00Q2 BRI

Beberapa kali saya mengalami kegagalan untuk masuk ke dalam mobile banking (m-banking) BRI. Pada saat itulah, saya merasa harus segera ke ATM untuk melakukan aktivitas perbankan seperti transfer, cek saldo rekening dan lainnya. Hal lain yang harus saya lakukan adalah mengambil nomor antrian customer service (CS) di kantor BRI setempat.

Akun m-banking BRI yang terblokir


Penyebab Kode Kesalahan BBR00Q2 BRI
Penyebab munculnya kode BBR00Q2 pada m-banking BRI tidak jelas. Namun istri saya yang juga menggunakan layanan yang sama, ternyata akun m-bankingnya aman-aman saya. Setelah saya telusuri, ternyata saya menggunakan aplikasi penyaringan jaringan seperti Adguard atau virtual private network (VPN)

Aplikasi Adguard yang memantau jaringan dan menyaring ilan-iklan di smartphone


Mungin juga smartphone yang kita gunakan sudah di-root atau jail-break. Smartphone yang sudah mengalami root atau jail-break akan mudah untuk diretas dan kemudian menyebabkan m-banking diblokir.

Oleh karena itu, demi keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan m-banking (mungkin juga e-banking), langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:


  1. Matikan Adguard, VPN atau aplikasi sejenisnya yang bisa memantau jaringan smartphone kita. Memang iklan dari beberapa aplikasi sangat menyebalkan, dan Adguard serta sejenisnya dapat menyaring iklan tersebut. Namun hal tersebut mungkin akan dianggap sebagai aktivitas mencurigakan dari pihak bank dan mungkin mereka akan melakukan pemblokiran di akun kita
  2. Lakukan penggantian password secara berkala. Bila password sudah lama digunakan, baiknya dilakukan penggantian password. Namun jangan sampai kita lupa password yang baru, karena nanti akan menyusahkan kita juga. Salah memasukkan password tiga kali akan menyebabkan akun terblokir dan mengharuskan kita untuk mengantri di CS kantor BRI setempat.
  3. Hindari melakukan root atau jail-break atas smartphone. Root atau jail-break memang berfungsi untuk memudahkan para pengguna jika ingin memodifikasi smartphone, atau memasang game yang lebih cepat dari biasanya. Namun resikonya, sistem keamanan smartphone akan berkurang sehingga m-banking juga akan kena dampaknya.
Jika akun m-banking BRI kita terblokir, maka cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Datang sepagi mungkin untuk mengambil nomor antrian CS. Walaupun kantor BRI buka jam 08.00 pagi, namun biasanya setengah jam sebelumnya sudah banyak orang yang mengantri di luar. Di bank manapun hampir terjadi fenomena seperti ini.
  2. Isi pulsa kartu seluler yang akan digunakan untuk registrasi. Untuk mendapatkan aplikasi m-banking BRI, kita harus mengunduhnya melalui link yang akan dikirimkan ke nomor seluler kita. Di samping itu, kita juga akan membutuhkan token untuk aktivasi m-banking. Sms berupa link download dan token dikenakan biaya tersendiri. Minimal nomor seluler kita masih dalam masa aktif dan minimal ada pulsa sebesar Rp. 5000,00 untuk menerima beberapa sms dari bank.
  3. Siapkan buku rekening, kartu ATM dan KTP. Semuanya harus asli dan tidak boleh fotokopi.
  4. Datang sendiri ke kantor. Aktivasi m-banking BRI yang terblokir ataupun pembuatan baru harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan dan tidak boleh diwakilkan.

Post a Comment

0 Comments