KRITIK
HADIS RAHMAT
A. PENDAHULUAN
Hadis
merupakan panduan kedua bagi umat Islam. Dalam penyebaran/periwayatannya, ada banyak
sekali kajian yang terkait dengannya, mulai dari pembukuan, kritik ra>wi> hingga
pemahaman melalui tema-tema hadis dan maknanya. Adapun tema-tema hadis mencakup
sangat banyak, mulai dari keagamaan, sosial hingga yang terkait dengan sains.
Diantara tema yang terkait dengan diutusnya Rasulullah SAW adalah rahmat,
dimana beliau diutus sebagai rahmah li al-‘a>lami>n.
Terkait dengan pemahaman makna, maka kajian yang digunakan adalah kritik matan dengan standarnya yang telah dirumuskan para ahli hadis mulai dari al-Khat}i>b al-Baghda>di> (w. 463 H/1072 M), Ibn Qutaibah (w. 276 H/889 M) sampai ahli hadis kontemporer seperti Muh}ammad al-Ghaza>li> (w. 1416 H/1996) dan Yu>suf al-Qarad}a>wi> (lahir 1926 M). Makalah ini nantinya akan membahas hadis tentang rahmat dan kritik dua matan hadis yang berkaitan dengan rahmat.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Rahmat dalam Hadis
2. Kalimat yang Berkaitan dengan Rahmat
3. Kritik Matan Terhadap Hadis
Tentang Penistaan Nabi
4. Kritik Matan Terhadap Hadis
Tentang Rahim (Kandungan) di Hari Kiamat
C. PEMBAHASAN
1. Rahmat dalam Hadis
Rahmat secara bahasa berasal dari rah}ima yarh}amu berarti al-riqqah wa al-‘at}f wa al-ra’fah (kelembutan,
kasih sayang, simpati, rasa belas kasihan, kemurahan hati).[1]
Secara bahasa, rahmat merupakan kelembutan yang menghendaki kebaikan kepada
yang dikasihi.[2]
Kata rahmat selalu berkaitan dengan hal-hal yang baik.[3]
Di dalam hadis, rahmat mempunyai beberapa arti dan aspek yang akan dijelaskan
dalam uraian di bawah ini.
a. Arti Rahmat dalam Hadis
1)
Sifat Maha Pengasih dan Penyayang
merupakan sifat Allah.
1694 - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، وَأَبُو بَكْرِ
بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، قَالَا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ
أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " قَالَ اللَّهُ: أَنَا
الرَّحْمَنُ وَهِيَ الرَّحِمُ، شَقَقْتُ لَهَا اسْمًا مِنَ اسْمِي، مَنْ وَصَلَهَا
وَصَلْتُهُ، وَمَنْ قَطَعَهَا بَتَتُّهُ " (رواه أبو داود)
2)
Kasih sayang
2827 - حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ نَافِعٍ،
عَنْ شُعَيْبٍ، عَنْ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ،
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: «جَعَلَ اللَّهُ الرَّحْمَةَ مِائَةَ جُزْءٍ فَأَمْسَكَ
عِنْدَهُ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ، وَأَنْزَلَ فِي الْأَرْضِ جُزْءًا وَاحِدًا،
فَمِنْ ذَلِكَ الْجُزْءِ يَتَرَاحَمُ الْخَلْقُ، حَتَّى تَرْفَعَ الْفَرَسُ
حَافِرَهَا عَنْ وَلَدِهَا خَشْيَةَ أَنْ تُصِيبَهُ» دي
3)
Pahala bagi mereka yang melakukan
sunnah dalam ibadah
430 - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى،
وَمَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ، وَأَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، وَغَيْرُ وَاحِدٍ،
قَالُوا: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ مُسْلِمِ بْنِ مِهْرَانَ، سَمِعَ جَدَّهُ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً
صَلَّى قَبْلَ العَصْرِ أَرْبَعًا»: «هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ» (رواه
الترمذي)
4)
Pertolongan bagi orang yang memberikan
pertolongan kepada hamba-Nya yang shalih
165 - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي
شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، حَدَّثَنِي كَثِيرُ بْنُ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ، عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: "رَحِمَ اللَّهُ
الْأَنْصَارَ، وَأَبْنَاءَ الْأَنْصَارِ، وَأَبْنَاءَ أَبْنَاءِ الْأَنْصَارِ"
(رواه ابن ماجه)
5)
Keuntungan ketika melakukan kebaikan
2076 - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ،
حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ مُحَمَّدُ بْنُ مُطَرِّفٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ
بْنُ المُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «رَحِمَ
اللَّهُ رَجُلًا سَمْحًا إِذَا بَاعَ، وَإِذَا اشْتَرَى، وَإِذَا اقْتَضَى» (رواه
البخاري)
6)
Ampunan bagi orang yang dikehendaki-Nya
22668 - حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ. قَالَ
خَالِدٌ: أَحْسِبُهُ ذَكَرَهُ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ، قَالَ قَالَ: عُبَادَةُ بْنُ
الصَّامِتِ: أَخَذَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَمَا أَخَذَ عَلَى النِّسَاءِ سِتًّا: " أَنْ لَا تُشْرِكُوا بِاللهِ
شَيْئًا، وَلَا تَسْرِقُوا، وَلَا تَزْنُوا، وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ،
وَلَا يَعْضَهُ بَعْضُكُمْ بَعْضًا، وَلَا تَعْصُونِي فِي مَعْرُوفٍ، فَمَنْ
أَصَابَ مِنْكُمْ مِنْهُنَّ حَدًّا فَعُجِّلَ لَهُ عُقُوبَتُهُ فَهُوَ
كَفَّارَتُهُ، وَإِنْ أُخِّرَ عَنْهُ، فَأَمْرُهُ إِلَى اللهِ إِنْ شَاءَ
عَذَّبَهُ، وَإِنْ شَاءَ رَحِمَهُ " (رواه أحمد)
7)
Menyayangi, mendidik dan mengajarkan
kebaikan kepada anak
11924 - حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا
خَالِدٌ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ سَعِيدٍ الْأَعْشَى،
عَنْ أَيُّوبَ بْنِ بُشَيْرٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ عَالَ ثَلَاثَ
بَنَاتٍ فَأَدَّبَهُنَّ، وَرَحِمَهُنَّ، وَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ فَلَهُ الْجَنَّةُ
"" (رواه أحمد)
8)
Ampunan bagi utusannya-Nya
3387 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ هُوَ ابْنُ أَخِي جُوَيْرِيَةَ، حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ
بْنُ أَسْمَاءَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، أَنَّ سَعِيدَ بْنَ
المُسَيِّبِ، وَأَبَا عُبَيْدٍ، أَخْبَرَاهُ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَرْحَمُ
اللَّهُ لُوطًا لَقَدْ كَانَ يَأْوِي إِلَى رُكْنٍ شَدِيدٍ، وَلَوْ لَبِثْتُ فِي
السِّجْنِ مَا لَبِثَ يُوسُفُ، ثُمَّ أَتَانِي الدَّاعِي لَأَجَبْتُهُ» (رواه
البخاري)
9)
Menghibur bagi orang yang sedang
tertimpa musibah
6655 - حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ،
حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، أَخْبَرَنَا عَاصِمٌ الأَحْوَلُ، سَمِعْتُ أَبَا عُثْمَانَ،
يُحَدِّثُ: عَنْ أُسَامَةَ: أَنَّ بِنْتًا لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِ، وَمَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، وَسَعْدٌ، وَأُبَيٌّ [ص:134]، أَنَّ
ابْنِي قَدْ احْتُضِرَ فَاشْهَدْنَا، فَأَرْسَلَ يَقْرَأُ السَّلاَمَ وَيَقُولُ: «إِنَّ
لِلَّهِ مَا أَخَذَ وَمَا أَعْطَى، وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ مُسَمًّى،
فَلْتَصْبِرْ وَتَحْتَسِبْ» فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ تُقْسِمُ عَلَيْهِ، فَقَامَ
وَقُمْنَا مَعَهُ، فَلَمَّا قَعَدَ رُفِعَ إِلَيْهِ، فَأَقْعَدَهُ فِي حَجْرِهِ،
وَنَفْسُ الصَّبِيِّ جُئِّثُ، فَفَاضَتْ عَيْنَا رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ سَعْدٌ: مَا هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ:
«هَذِهِ رَحْمَةٌ يَضَعُهَا اللَّهُ فِي قُلُوبِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ،
وَإِنَّمَا يَرْحَمُ اللَّهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ» (رواه البخاري)
10) Harapan kebaikan dan simpati
1923 - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ
قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، قَالَ: كَتَبَ بِهِ
إِلَيَّ مَنْصُورٌ وَقَرَأْتُهُ عَلَيْهِ، سَمِعَ أَبَا عُثْمَانَ مَوْلَى
المُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا
القَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «لَا تُنْزَعُ
الرَّحْمَةُ إِلَّا مِنْ شَقِيٍّ» هَذَا حَديثٌ حَسَنٌ. (رواه الترمذي)
11) Pertolongan Allah bagi mereka yang
memberikan kasih sayang kepada orang lain
7376 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلاَمٍ،
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ وَهْبٍ، وَأَبِي
ظَبْيَانَ، عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لاَ يَرْحَمُ اللَّهُ مَنْ لاَ يَرْحَمُ
النَّاسَ» (رواه البخاري)
12) Pemberian kesehatan
2740 - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ
قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ،
عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ هِلَالِ بْنِ يَسَافٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عُبَيْدٍ، أَنَّهُ
كَانَ مَعَ القَوْمِ فِي سَفَرٍ فَعَطَسَ رَجُلٌ مِنَ القَوْمِ، فَقَالَ:
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ، فَقَالَ: عَلَيْكَ وَعَلَى أُمِّكَ، فَكَأَنَّ الرَّجُلَ
وَجَدَ فِي نَفْسِهِ، فَقَالَ: أَمَا إِنِّي لَمْ أَقُلْ إِلَّا مَا قَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، عَطَسَ رَجُلٌ عِنْدَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ، فَقَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " عَلَيْكَ وَعَلَى
أُمِّكَ، إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
العَالَمِينَ، وَلْيَقُلْ لَهُ مَنْ يَرُدُّ عَلَيْهِ: يَرْحَمُكَ اللَّهُ،
وَلْيَقُلْ: يَغْفِرُ اللَّهُ لِي وَلَكُمْ ": [ص:83] «هَذَا حَدِيثٌ
اخْتَلَفُوا فِي رِوَايَتِهِ عَنْ مَنْصُورٍ، وَقَدْ أَدْخَلُوا بَيْنَ هِلَالِ
بْنِ يَسَافٍ وَسَالِمٍ رَجُلًا» (رواه الترمذي)
13) Keadilan
3502 - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ
قَالَ: أَخْبَرَنَا ابْنُ المُبَارَكِ قَالَ: أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ،
عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ زَحْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ أَبِي عِمْرَانَ، أَنَّ
ابْنَ عُمَرَ، قَالَ: قَلَّمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُومُ مِنْ مَجْلِسٍ حَتَّى يَدْعُوَ بِهَؤُلَاءِ الدَّعَوَاتِ
لِأَصْحَابِهِ: «اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا يَحُولُ
بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ، وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ
جَنَّتَكَ، وَمِنَ اليَقِينِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مُصِيبَاتِ الدُّنْيَا،
وَمَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا،
وَاجْعَلْهُ الوَارِثَ مِنَّا، وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا،
وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا، وَلَا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِي دِينِنَا،
وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلَا مَبْلَغَ عِلْمِنَا، وَلَا
تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَرْحَمُنَا».: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ.
وَقَدْ رَوَى بَعْضُهُمْ هَذَا الحَدِيثَ عَنْ خَالِدِ بْنِ أَبِي عِمْرَانَ، عَنْ
نَافِعٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ (رواه الترمذي)
14) Kandungan
1659 - حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ،
أَخْبَرَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ قَارِظٍ، أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ: أَنَّهُ
دَخَلَ عَلَى عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ وَهُوَ مَرِيضٌ، فَقَالَ لَهُ عَبْدُ
الرَّحْمَنِ: وَصَلَتْكَ رَحِمٌ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ، قَالَ: " قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: أَنَا الرَّحْمَنُ
خَلَقْتُ الرَّحِمَ، وَشَقَقْتُ لَهَا مِنَ اسْمِي، فَمَنْ يَصِلْهَا أَصِلْهُ،
وَمَنْ يَقْطَعْهَا أَقْطَعْهُ، فَأَبُتَّهُ - أَوْ قَالَ: مَنْ يَبُتَّهَا
أَبُتَّهُ " (رواه أحمد)
15) Hubungan kekerabatan
11592 - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ،
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، عَنْ مُغِيرَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ سَهْمِ بْنِ
مِنْجَابٍ، عَنْ قَزَعَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَا تُسَافِرْ امْرَأَةٌ
ثَلَاثًا، إِلَّا مَعَ ذِي رَحِمٍ " (رواه أحمد)
16) Relasi dan jaringan kepada orang lain
92 - (2735) حَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ،
أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي مُعَاوِيَةُ وَهُوَ ابْنُ صَالِحٍ، عَنْ
رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «لَا
يَزَالُ يُسْتَجَابُ لِلْعَبْدِ، مَا لَمْ يَدْعُ بِإِثْمٍ أَوْ قَطِيعَةِ رَحِمٍ،
مَا لَمْ يَسْتَعْجِلْ» قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ مَا الِاسْتِعْجَالُ؟ قَالَ:
يَقُولُ: «قَدْ دَعَوْتُ وَقَدْ دَعَوْتُ، فَلَمْ أَرَ يَسْتَجِيبُ لِي،
فَيَسْتَحْسِرُ عِنْدَ ذَلِكَ وَيَدَعُ الدُّعَاءَ» (رواه مسلم)
17) Keseimbangan alam
3892 - حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ
مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، عَنْ زِيَادَةَ بِنِ مُحَمَّدٍ،
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ الْقُرَظِيِّ، عَنْ فَضَالَةَ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ
أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَنْ اشْتَكَى مِنْكُمْ شَيْئًا، أَوْ اشْتَكَاهُ أَخٌ
لَهُ فَلْيَقُلْ رَبَّنَا اللَّهُ الَّذِي فِي السَّمَاءِ، تَقَدَّسَ اسْمُكَ،
أَمْرُكَ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، كَمَا رَحْمَتُكَ فِي السَّمَاءِ فَاجْعَلْ
رَحْمَتَكَ فِي الْأَرْضِ، اغْفِرْ لَنَا حُوبَنَا وَخَطَايَانَا، أَنْتَ رَبُّ
الطَّيِّبِينَ، أَنْزِلْ رَحْمَةً مِنْ رَحْمَتِكَ وَشِفَاءً مِنْ شِفَائِكَ عَلَى
هَذَا الْوَجَعِ، فَيَبْرَأَ» (رواه أبو داود)
18) Kekuatan
18449 - قَالَ عَبْدُ اللهِ،حَدَّثَنَا
مَنْصُورُ بْنُ أَبِي مُزَاحِمٍ، حَدَّثَنَا أَبُو وَكِيعٍ الْجَرَّاحُ بْنُ
مَلِيحٍ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنِ النُّعْمَانِ
بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى
الْمِنْبَرِ: " مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ، لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ،
وَمَنْ لَمْ يَشْكُرِ النَّاسَ، لَمْ يَشْكُرِ اللهَ. التَّحَدُّثُ بِنِعْمَةِ
اللهِ شُكْرٌ، وَتَرْكُهَا كُفْرٌ، وَالْجَمَاعَةُ رَحْمَةٌ، وَالْفُرْقَةُ
عَذَابٌ " (رواه أحمد)
19) Cobaan
1697 - حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ، حَدَّثَنَا
أَبِي، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِي أَبَانُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ
شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ الْأَشْعَرِيِّ، عَنْ رَابِّهِ، - رَجُلٍ مِنْ قَوْمِهِ
كَانَ خَلَفَ عَلَى أُمِّهِ بَعْدَ أَبِيهِ كَانَ شَهِدَ طَاعُونَ عَمَوَاسَ -
قَالَ: لَمَّا اشْتَعَلَ الْوَجَعُ، قَامَ أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي
النَّاسِ خَطِيبًا، فَقَالَ: " أَيُّهَا النَّاسُ: إِنَّ هَذَا الْوَجَعَ
رَحْمَةُ رَبِّكُمْ، وَدَعْوَةُ نَبِيِّكُمْ، وَمَوْتُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ،
وَإِنَّ أَبَا عُبَيْدَةَ يَسْأَلُ اللهَ أَنْ يَقْسِمَ لَهُ مِنْهُ حَظَّهُ
". قَالَ: فَطُعِنَ فَمَاتَ رَحِمَهُ اللهُ، وَاسْتُخْلِفَ عَلَى النَّاسِ
مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ، فَقَامَ خَطِيبًا بَعْدَهُ فَقَالَ: " أَيُّهَا
النَّاسُ إِنَّ هَذَا الْوَجَعَ رَحْمَةُ رَبِّكُمْ، وَدَعْوَةُ نَبِيِّكُمْ،
وَمَوْتُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ مُعَاذًا يَسْأَلُ اللهَ أَنْ
يَقْسِمَ لِآلِ مُعَاذٍ مِنْهُ حَظَّهُ " ... الحديث (رواه أحمد)
20) Surga
806 - حَدَّثَنَا أَبُو اليَمَانِ، قَالَ:
أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ
المُسَيِّبِ، وَعَطَاءُ بْنُ يَزِيدَ اللَّيْثِيُّ، أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ،
أَخْبَرَهُمَا: أَنَّ النَّاسَ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ نَرَى رَبَّنَا
يَوْمَ القِيَامَةِ؟ قَالَ: «هَلْ تُمَارُونَ فِي القَمَرِ لَيْلَةَ البَدْرِ
لَيْسَ دُونَهُ سَحَابٌ» قَالُوا: لاَ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: «فَهَلْ
تُمَارُونَ فِي الشَّمْسِ لَيْسَ دُونَهَا سَحَابٌ» قَالُوا: لاَ، قَالَ: "
فَإِنَّكُمْ تَرَوْنَهُ كَذَلِكَ، يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ القِيَامَةِ،
فَيَقُولُ: مَنْ كَانَ يَعْبُدُ شَيْئًا فَلْيَتَّبِعْ، فَمِنْهُمْ مَنْ يَتَّبِعُ
الشَّمْسَ، -إلى أن قال- حَتَّى إِذَا أَرَادَ اللَّهُ رَحْمَةَ مَنْ أَرَادَ
مِنْ أَهْلِ النَّارِ، أَمَرَ اللَّهُ المَلاَئِكَةَ: أَنْ يُخْرِجُوا مَنْ كَانَ
يَعْبُدُ اللَّهَ، فَيُخْرِجُونَهُمْ وَيَعْرِفُونَهُمْ بِآثَارِ السُّجُودِ،
وَحَرَّمَ اللَّهُ عَلَى النَّارِ أَنْ تَأْكُلَ أَثَرَ السُّجُودِ، فَيَخْرُجُونَ
مِنَ النَّارِ، فَكُلُّ ابْنِ آدَمَ تَأْكُلُهُ النَّارُ إِلَّا أَثَرَ
السُّجُودِ، ... الحديث (رواه البخاري)
21) Jejak ibadah
1191 - أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ،
وَالْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، وَاللَّفْظُ لَهُ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ
الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ فِي
الصَّلَاةِ فَلَا يَمْسَحِ الْحَصَى، فَإِنَّ الرَّحْمَةَ تُوَاجِهُهُ» (رواه
النسائي)
b. Aspek ibadah
Dari penjelasan arti di atas, maka rahmat
Allah dalam aspek ibadah secara umum adalah memberikan ampunan, surga,
kesehatan, keluarga, jalan keluar bagi mereka yang tidak putus asa dari rahmat
Allah dan keseimbangan alam. Dalam aspek ini, rahmat akan diberikan kepada
manusia ketika:
1)
Mengakui dan yakin bahwa Allah
mempunyai sifat pengasih dan penyayang kepada hamba-Nya
2)
Melakukan perintah Allah dan Rasul-Nya,
baik yang berupa perintah yang wajib maupun perintah yang sunnah
3)
Melakukan kebaikan kepada orang
terdekatnya seperti keluarganya maupun kepada orang lain
4)
Bersabar atas cobaan yang diberikan
Allah
5)
Memperbanyak ibadah dan ingat kepada
Allah.
c. Aspek sosial
Dalam hal ini, maka manusia mendapatkan
rahmat dari Allah berupa kasih sayang, hubungan kekeluargaan, pertolongan dari
orang lain, rizki, keadilan, keuntungan di dunia dan relasi atau hubungan
dengan orang lain. Rahmat dalam aspek sosial akan terwujud ketika:
1)
Mematuhi sunnatullah (hukum
sebab akibat). Ketika orang melakukan kebaikan terhadap orang lain, maka ia
akan mendapatkan kebaikan dari orang lain pula, dan sebaliknya
2)
Memperluas relasi dan jaringan
3)
Berbuat adil
4)
Berfikir positif
5)
Mengajarkan kebaikan kepada orang lain
2. Kalimat yang Berkaitan dengan Rahmat
Ada beberapa kalimat yang berkaitan
dengan rahmat, yaitu riqqah, ta‘at}t}uf, magfirah, qara>bah dan ih}sa>n. Dalam al-Qur’an, Allah berfirman:[4]
هُدىً
وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
Artinya bahwa bahwa al-Qur’an menjadi rahmat
karena menjadi penyebab iman orang Islam. Kemudian dalam ayat yang lain, Allah
berfirman:[5]
إِنَّ
رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ
Dalam ayat di atas, Allah menegaskan
bahwa rahmat-Nya sangat dekat pada orang-orang yang berbuat kebaikan.
Beberapa hadis menunjukkan bahwa orang
yang tidak menyayangi (lam yarh}am) maka dia tidak akan disayangi oleh
orang lain (lam yurh}am). Rahmat ini juga berkaitan dengan
silaturrahim yang mana kemudian Allah dalam salah satu hadis qudsi berfirman: Aku
adalah al-Rah}ma>n, aku
menciptakan al-rah}im dan aku meretakkannya dari nama-Ku.
Dalam kaitan dengan ayat dan hadis di
atas, maka rahmat sebenarnya tidak berada jauh dari lingkungan keluarga. Dari
lingkungan keluarga itulah kasih sayang antar anggota keluarga sangat penting.
Mereka yang kurang kasih sayangnya, maka
sebagai akibatnya mereka akan sedikit memberikan kasih sayang kepada orang
lain.
Oleh karena itu, Allah menyandingkan
proses silaturrahim dengan salah satu nama-Nya, yaitu al-Rah}ma>n. Ini menandakan bahwa kasih sayang
sangat penting. Bahkan karena rahmat yang berupa kelemahlembutan dari
Rasulullah, banyak orang yang masuk Islam dan bersimpati pada Rasulullah.[6]
Orang yang sedang mengandung juga harus
memberikan kasih sayang kepada anak yang dikandungnya. Kata-kata yang halus,
lembut, rangsangan yang baik dan yang lainnya mutlak diperlukan untuk
perkembangan yang baik bagi bayinya. Transformasi keilmuan yang dipenuhi dengan
kelemahlembutan, kehalusan dan keikhlasan akan mudah diterima dan dipahami.
Maka dengan pemaknaan dan implementasi
yang baik dan benar terhadap rahmat ini, akan didapatkan banyak hal. Antara
lain dengan terwujudnya aspek-aspek rahmat ini maka terjadilah kedamaian,
keadilan, kemakmuran, kebaikan, ketulusan, kesabaran, kekuatan, rizki dan yang
lainnya.
3. Kritik Matan Terhadap Hadis
Tentang Penistaan Nabi
3387 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ هُوَ ابْنُ أَخِي جُوَيْرِيَةَ، حَدَّثَنَا جُوَيْرِيَةُ
بْنُ أَسْمَاءَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، أَنَّ سَعِيدَ بْنَ
المُسَيِّبِ، وَأَبَا عُبَيْدٍ، أَخْبَرَاهُ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَرْحَمُ
اللَّهُ لُوطًا لَقَدْ كَانَ يَأْوِي إِلَى رُكْنٍ شَدِيدٍ، وَلَوْ لَبِثْتُ فِي
السِّجْنِ مَا لَبِثَ يُوسُفُ، ثُمَّ أَتَانِي الدَّاعِي لَأَجَبْتُهُ» (رواه
البخاري)
“Dari
Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Semoga Allah memberi rahmat
pada Nabi Luth, dia ingin dapat berlindung kepada keluarga yang kuat (yang tentu
akan beliau lakukan)[7]
dan jikalau aku dipenjara sebagaimana Nabi Yusuf dipenjara,[8]
kemudian ada orang yang mengajakku (untuk keluar), maka aku akan memenuhinya” (HR.
al-Bukha>ri>)
Dalam hadis di atas, seakan-akan
Rasulullah SAW menistakan Nabi Luth dan Nabi Yusuf yang dianggap salah langkah
dalam mengambil kebijakan. Oleh karena itu, Rasulullah SAW berangan-angan akan
mengambil langkah yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Nabi Luth dan
Nabi Yusuf.
Tentu hal di atas bertentangan dengan:
1)
Firman Allah QS. Hu>d: 81:
قَالُوا
يَا لُوطُ إِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَصِلُوا إِلَيْكَ فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ
بِقِطْعٍ مِنَ اللَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا امْرَأَتَكَ
إِنَّهُ مُصِيبُهَا مَا أَصَابَهُمْ إِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ أَلَيْسَ
الصُّبْحُ بِقَرِيبٍ
Para
utusan (malaikat) berkata: "Hai Luth, sesungguhnya kami adalah
utusan-utusan Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu,
sebab itu pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut-pengikut kamu di akhir
malam dan janganlah ada seorangpun di antara kamu yang tertinggal, kecuali
isterimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena
sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah di waktu subuh; bukankah
subuh itu sudah dekat?”
Dalam ayat ini, Allah menggambarkan
bahwa keinginan Nabi Luth kepada keluarganya hanyalah al-tamanni> (harapan
yang sulit dipenuhi) karena Nabi Luth yakin bahwa pertolongan Allah pasti
datang. Dan keyakinan itu dengan datangnya utusan Allah yang digambarkan dalam
QS. Hu>d: 81
yang berisi tentang perintah agar Nabi Luth bergegas pergi dengan keluarga dan
pengikut-pengikutnya karena adzab Allah akan segera datang.
Keinginan Nabi Luth kepada keluarganya
itu dilambangkan dengan huruf law yang berarti seandainya/jikalau dan
hal itu berarti sebuah kemustahilan untuk berlindung kepada keluarganya yang
kuat. Dan jikalau itu terjadi, pastilah Nabi Luth sudah akan membunuh kaumnya.[9]
Tetapi dalam hadis di atas, malah Rasulullah SAW terang-terangan melakukan
kesalahan dengan meminta pertolongan dengan berlindung kepada keluarganya yang
kuat.
2)
Firman Allah dalam QS. Yu>suf: 51-52:
قَالَ
مَا خَطْبُكُنَّ إِذْ رَاوَدْتُنَّ يُوسُفَ عَنْ نَفْسِهِ قُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ
مَا عَلِمْنَا عَلَيْهِ مِنْ سُوءٍ قَالَتِ امْرَأَتُ الْعَزِيزِ الْآنَ حَصْحَصَ
الْحَقُّ أَنَا رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ وَإِنَّهُ لَمِنَ الصَّادِقِينَ ذَلِكَ
لِيَعْلَمَ أَنِّي لَمْ أَخُنْهُ بِالْغَيْبِ وَأَنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي كَيْدَ
الْخَائِنِينَ
Raja
berkata (kepada wanita-wanita itu): "Bagaimana keadaanmu ketika kamu
menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadamu)?" Mereka berkata:
"Maha Sempurna Allah, kami tiada mengetahui sesuatu keburukan dari
padanya." Berkata isteri Al Aziz: "Sekarang jelaslah kebenaran itu,
akulah yang menggodanya untuk menundukkan dirinya (kepadaku), dan sesungguhnya
dia termasuk orang-orang yang benar." (Yusuf berkata): "Yang demikian
itu agar dia (Al Aziz) mengetahui bahwa sesungguhnya aku tidak berkhianat
kepadanya di belakangnya, dan bahwasanya Allah tidak meridhai tipu daya
orang-orang yang berkhianat.
Ketika melihat ayat di atas, maka
keengganan Nabi Yusuf untuk memenuhi ajakan (untuk keluar dari penjara) adalah keinginan
Nabi Yusuf agar raja mengetahui dengan pasti bagaimana keadaannya ketika ia
digoda oleh wanita-wanita. Ini adalah strategi dari Nabi Yusuf agar ketika
keluar, ia dapat memastikan dirinya aman dari fitnah.[10]
Namun dalam hadis, Rasulullah seakan-akan menganggap bahwa apa yang dilakukan
Nabi Yusuf adalah salah langkah dalam mengambil kebijakan.
Melihat sekilas pertentangan hadis di
atas dengan ayat al-Qur’an, maka dapat dipastikan matan hadis tersebut
dianggap d}a‘i>f karena
bertentangan dengan al-Qur’an. Tetapi kemudian, matan hadis dikomentari
Ibn Qutaibah (w. 276 H/889 M) dengan
jalan ta’wi>l. Ia
menjelaskan bahwa keinginan Rasulullah untuk mengambil langkah yang berbeda
dengan langkah yang ditempuh oleh Nabi Luth dan Nabi Yusuf adalah karena sifat
rendah hati (tawa>d}u‘) beliau. Jika saja Rasulullah mengambil
langkah yang berbeda dengan langkah yang ditempuh oleh Nabi Luth dan Nabi
Yusuf, maka pastinya Rasulullah tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan akan
salah langkah. Ini merupakan rasa kerendahan hati Rasulullah bahwa beliau
merasa derajatnya di bawah Nabi Luth dan Nabi Yusuf.[11]
Tapi dari penjelasan Ibn Qutaibah ini
sendiri kemudian dipertanyakan karena pernyataan Rasulullah seperti itu bisa
menyebabkan salah langkah dalam mengambil kebijakan dan bertentangan dengan QS.
Al-Anbiya>’: 107:
وَمَا
أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ
4. Kritik Matan Terhadap Hadis
Tentang Rahim (Kandungan) di Hari Kiamat
6774 - حَدَّثَنَا بَهْزٌ، وَعَفَّانُ،
قَالَا: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، أَخْبَرَنَا قَتَادَةُ، عَنْ أَبِي
ثُمَامَةَ الثَّقَفِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِي، قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "تُوضَعُ الرَّحِمُ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ، لَهَا حُجْنَةٌ كَحُجْنَةِ الْمِغْزَلِ، تَكَلَّمُ بِلِسَانٍ
طَلْقٍ ذَلْقٍ، فَتَصِلُ مَنْ وَصَلَهَا، وَتَقْطَعُ مَنْ قَطَعَهَا"
وَقَالَ عَفَّانُ: الْمِغْزَلُ، وَقَالَ: بِأَلْسِنَةٍ لَهَا (رواه أحمد وصححه الحاكم والذهبي)
Dari
‘Abd Alla>h bin
‘Amr bin al-‘A<s} berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Rahim
akan ditempatkan pada hari kiamat, dengan senar seperti senar pancing. Rahim
akan berbicara dengan cepat dan fasih serta akan menyambungkan orang yang
menyambungkannya (bersilaturrahim) dan akan memutus mereka yang memutuskannya.
Dari keterangan di atas, hadis tersebut
bertentangan dengan ilmu pengetahuan dimana rahim adalah tempat dimana janin
tumbuh dan berkembang. Tapi dalam hadis di atas dijelaskan bahwa rahim
mempunyai senar dan dapat berbicara dengan cepat dan fasih.
D. KESIMPULAN
Rahmat
dalam hadis mempunyai arti yang sangat banyak, yaitu sifat Maha Pengasih dan
Penyayang merupakan sifat Allah, kasih sayang, pahala bagi mereka yang
melakukan sunnah dalam ibadah, pertolongan bagi orang yang memberikan
pertolongan kepada hamba-Nya yang shalih, keuntungan ketika melakukan kebaikan,
ampunan bagi orang yang dikehendaki-Nya, menyayangi, mendidik dan mengajarkan
kebaikan kepada anak, ampunan bagi utusannya-Nya, menghibur bagi orang yang
sedang tertimpa musibah, harapan kebaikan dan simpati, pertolongan Allah bagi
mereka yang memberikan kasih sayang kepada orang lain, pemberian kesehatan, keadilan,
kandungan, hubungan kekerabatan, relasi dan jaringan kepada orang lain, keseimbangan
alam, kekuatan, cobaan, surga dan jejak ibadah.
Pada
kritik matan hadis tentang penistaan nabi, maka sekilas dilihat bahwa
hadis tersebut bertentangan dengan ayat-ayat al-Qur’an. Tetapi setelah
dilakukan ta’wi>l, ternyata bisa dikompromikan. Sedangkan
pada hadis tentang rahim (kandungan) di hari kiamat, maka matan hadisnya
tampak bertentangan dengan ilmu pengetahuan.
Social Plugin