Visa Penelitian ke Spanyol, Apa Saja Syaratnya?

Dalam penelitian Islam klasik di Barat, Spanyol adalah salah satu negara yang menyediakan akses literatur terbesar. Beberapa kajian Maghrib seperti al-Andalus, Maroko dan lainnya telah lama dikaji oleh para sarjana Spanyol. Misalnya yang dilakukan oleh Centro de Ciencias Humanas y Sociales (CCHS) Consejo Superior de Investigaciones Científicas (Higher Council for Scientific Research - CSIC), Madrid.


Untuk dapat melakukan penelitian ke sana, maka kita harus membuat visa Schengen dengan jenis penelitian. Syarat visa penelitian ini sama dengan visa turis sebagaimana saya ulas di sini. Namun ada tambahan syarat untuk visa penelitian sebagaimana disyaratkan BLS Spain Visa, yaitu:

Surat Pendaftaran untuk realisasi pekerjaan tanpa bayaran, berdasarkan kesepakatan, pada publik atau perusahaan swasta atau di sebuah pusat pelatihan profesional yang diakui secara resmi. Surat itu harus terdiri dari nama pemohon, isi praktek, dengan karakter tidak dibayar, durasi dan jumlah jam per minggu.
Admission letter for the realization of the non-rewarded work, based on an agreement, on a public or a private company or in a professional training center officially recognized. The letter should consist of the applicant’s name, the practice contents, with character non-rewarded, duration and number of hours per week. 

Jadi, tambahan tersebut adalah berupa surat undangan atau surat pernyataan dari lembaga Spanyol dengan kriteria sebagai berikut:


  1. Mencantumkan bahwa penelitian tidak dibayar
  2. Lembaga yang dituju harus diakui secara resmi sepeti universitas atau lembaga penelitian seperti CSIC
  3. Surat harus berisi nama pemohon, isi penelitian, tidak dibayar, jumlah jam per minggu serta tanda tangan dan stempel dari lembaga terkait
Lembaga penelitia di Spanyol sangat terbuka untuk penelitian dari luar. Kita dapat melakukan korespondensi beberapa minggu sebelum keberangkatan kita melalui surel atau email lembaga yang akan dituju. Pada musim panas, mereka biasanya membalas agak lama karena di sana baru musim liburan. Kita juga harus mengirimkan scan surat resmi dari kampus atau lembaga kita kepada mereka, juga paspor kita untuk meyakinkan pada mereka bahwa kita akan melakukan penelitian di sana.

Post a Comment

0 Comments