Tata Cara Mendaftar TOAFL/IKLA di UIN Sunan Kalijaga Untuk Beasiswa LPDP

TOAFL atau Test of Arabic as a Foreign Language sangat dibutuhkan oleh para pencari beasiswa, utamanya beasiswa LPDP Kementerian Keuangan. TOAFL dapat digunakan sebagai syarat administrasi LPDP untuk tujuan Perguruan Tinggi Islam, baik di dalam maupun luar negeri, yang menyaratkan TOAFL sebagai syarat penerimaan mahasiswa. Apalagi sekarang dibuka beasiswa LPDP Afirmasi Santri.

(Baca juga: Tips Meraih Beasiswa LPDP, Ikhtiar Lahir dan Batin)

Namun bagaimana cara untuk mendaftar TOAFL? Caranya bisa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, karena TOAFL yang diakui LPDP diantaranya adalah di Pusat Pengembagan Bahasa (P2B) UIN Sunan Kalijaga. Sertifikat TOAFL ini berlaku selama 24 bulan. Caranya sangat mudah sebagaimana di bawah ini:

Bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga:

  1. Melakukan pembayaran melalui bank Mandiri Cabang Adisucipto atau BNI 46 Cabang UGM (kompleks KOPMA UIN) secara host to host sebesar Rp. 60.000,- (satu tes).
  2. Kode pembayaran untuk TOEC/TOEFL = 121 dan TOAFL/IKLA = 122, kemudian diikuti NIM. Contoh mahasiswa dengan NIM 11670005 yang membayar biaya TOEC, maka kode pembayarannya 12111670005 
  3. Melakukan pendaftaran melalui laman akademik.uin-suka.ac.id, menu Training & Sertifikat, submenu Daftar TOEC/TOEFL dan Daftar IKLA/TOAFL, kemudian pilih tombol Ambil untuk pemilihan jadwal tes
  4. Mencetak kartu peserta ujian (berwarna) melalui menu Daftar TOEC/TOEFL dan Daftar IKLA/TOAFL, tombol Cetak Kartu Peserta. Bagi yang belum ada fotonya, silakan menghubungi PTIPD untuk dilakukan pengambilan foto.


Bagi peserta umum (non-mahasiswa UIN Sunan Kalijaga):

  1. Melakukan pembayaran melalui bank Mandiri Cabang Adisucipto atau BNI 46 Cabang UGM (kompleks KOPMA UIN) secara host to host sebesar Rp. 70.000,- (satu tes).
  2. Kode pembayaran untuk TOEC/TOEFL = 921 dan TOAFL/IKLA = 922, kemudian diikuti tanggal lahir. Contoh peserta dengan tanggal lahir 22011993 yang membayar biaya TOEC, maka kode pembayarannya 92122011993 
  3. Melakukan pendaftaran melalui laman bahasa.uin-suka.ac.id, dan login menggunakan kode dan PIN yang tertera pada bukti pembayaran. Pilih menu Isi Data Pribadi untuk pengisian biodata, dan pilih menu Daftar TOEC/TOEFL dan Daftar IKLA/TOAFL untuk pemilihan jadwal tes
  4. Menyiapkan file foto yang akan diupload pada form pendaftaran online dengan latar belakang berwarna merah, format file .jpg dan ukuran file maksimal 1 MB.
  5. Mencetak kartu peserta ujian (berwarna) yang sudah lengkap dengan fotonya.

Catatan:
TOEFL dan TOEC (Test of English Competence) adalah tes yang sama. Begitu juga dengan TOAFL dan IKLA (Ikhtibar Kafa'ah al-Lughah al-'Arabiyyah)
* Tata cara mendaftar TOEFL/TOAFL di atas berdasarkan pada pengumuman resmi yang ditempel di papan pengumuman P2B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
* Pembayaran mungkin dapat dilakukan di Bank Mandiri dan BNI 46 Cabang mana saja. Coba saja untuk menanyakan ke teller bank terdekat.

Sumber: