Mengatasi Masalah Printer FujiXerox DocuPrint P115w



Printer laser memiliki banyak kelebihan dibanding printer tinta biasa, tapi juga memiliki beberapa kelemahan. Kelebihannya adalah tinta yang irit, murah, cepat kering, tidak mudah luntur jika basah dan lebih terjangku. Di samping itu, perawatannya juga lebih mudah dibanding printer biasa. Kita tidak usah menjalankan printer beberapa hari sekali akar cartridge tidak kering. Saya punya satu, yang hampir setengah tahun tidak terpakai. Hari ini saya hidupkan, alhamdulillah masih jalan baik seperti biasa.
Beberapa masalah printer laser, khususnya FujiXerox DocuPrint P115w, terletak pada toner atau isi ulang tinta bubuknya, gear dan lainnya. berikut penjelasan beberapa masalah printer laser:
1.      Jika toner habis, yang bisa dilakukan adalah mengganti dengan toner yang asli dengan harga yang lebih mahal. Ada juga yang tidak asli, lebih murah dan terjangkau. Kalau lebih murah lagi bisa diisi ulang dengan beli serbuk tintanya. Ada harga ada kualitas, bisa dipilih yang mana.
2.      Jika sudah diganti atau diisi ulang tapi lampu merah masih menyala, biasanya permasalahan pada gear tempat tonernya. Segera ubah gear yang ada di dalamnya dengan arah yang berbeda.
3.      Jika sudah diganti tapi printer masih berkedip merah, mungkin kotor atau pemasangannya kurang pas
4.      Jika permasalahannya pada garis putus, hasil cetak tidak bersih atau ada titik-titik kecil, maka bersihkan film yang terpasang di sebelah toner atau drum toner dengan tisu sampai bersih

Jika sudah semuanya, lampu berkedip sudah hijau tapi tidak bisa mencetak, biasanya permasalahannya terletak pada komputer atau laptop kita. Caranya adalah sebagai berikut:
1.      Restart laptop dan/atau printer kemudian coba untuk mencetak lagi
2.      Jika masih tidak bisa, ganti program yang dibuka untuk membuka file. Jika di Office (.doc, .ppt, .xls) tidak bisa, lakukan konversi ke .pdf.
3.      Jika masih tidak bisa, gunakan program lain seperti menyalin tulisan ke Corel Draw, Adobe InDesign atau lainnya yang bisa untuk menyalin tulisan kita
4.      Jika sudah bisa mencetak tapi beberapa lembar saja tidak semuanya, maka diamkan printer agar tidak panas sehingga kinerjanya bisa lancar.

Begitu beberapa cara untuk mengatasi masalah pada FujiXerox DocuPrint P115w. Naskah disertasi untuk dibimbingkan akhirnya bisa dicetak hari ini setelah sebelumnya printer tidak bisa mencetak atau bisa mencetak tapi hanya beberapa halaman saja.